Selasa, 26 Juli 2022

Mengambil gambar dengan kamera ponsel

Kenangan yang tercipta saat berlibur bersama keluarga akan menempel untuk waktu yang sangat lama dan tidak tergantikan. Kita mungkin selama ini hanya bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga saat malam hari saja atau jam-jam tertentu saja. Tapi saat berlibur bersama keluarga waktu bersama akan lebih banyak dan akan ada banyak momen menyenangkan kamu lewati bersama.

Liburan menjadi waktu yang tepat untuk mengabadikan kenangan yang menyenangkan. Apalagi kemajuan teknologi membuat kamera ponsel menjadi lebih canggih dalam menangkap gambar-gambar yang indah. Dengan hanya menggunakan kamera ponsel kita tidak terlalu berat seperti membawa kamera DSLR yang begitu besar.
 
Ambil gambar menggunakan Ponsel

Ditambah dengan populernya aplikasi-aplikasi media sosial yang menawarkan aktivitas berbagi foto salah satunya Instagram atau kamu bisa merekam kegiatan dan kamu unggah ke Youtube.

Jangan sampai terlewati momen saat kita menjalani aktivitas berlibur bersama keluarga, hal itu akan menjadi momen yang berharga di masa depan. Indah dan tak tergantikan oleh kita dan keluarga akan merasakan ikatan yang luar biasa satu sama lainnya.

Buat kamu yang ingin memotret kenangan menggunakan kamera ponsel dan ingin terlihat bagus Coba ikuti beberapa petunjuk singkat bagaimana memotret menggunakan kamera ponsel agar foto yang dihasilkan maksimal:

1. Hindari Memperbesar Gambar (Zoom in)
Salah satu petunjuk praktis yang diberikan para fotografer dalam memanfaatkan kamera ponsel adalah dengan menghindari memperbesar gambar. Memperbesar gambar memang dapat mengubah kualitas foto secara dramatis. Saat subjek terlalu jauh sebaiknya maju dan mengambil jarak yang lebih dekat lagi.

Perlu diketahui menurut fotografer profesional, kemampuan kamera untuk ponsel kebanyakan tidak memiliki optik atau menggunakan lensa pembesar sehingga kalau menggunakan lensa pembesar pada kamera ponsel maka itu akan memangkas resolusi dari foto yang kamu potret. Enggak percaya!

2. Menghidupkan Garis kisi
Ini diakui sebagai cara termudah untuk memperbaiki foto secara instan. Garis kisi akan memberitahu apakah fokus foto sudah tepat atau belum, dan jawaban terbaik adalah 'ingat aturan pertiga'. Ini adalah sebuah aturan dasar untuk menyeimbangkan pengaturan foto dengan baik. Sehingga memudahkan fotografer dalam menentukan objek terbaik.

3. Cari sudut pandang unik dan komposisi yang baik
Hal lain yang enggak boleh kamu abaikan untuk mendapatkan foto yang bagus melalui kamera ponsel adalah komposisi. Untuk membuat komposisi yang bagus memang gampang-gampang susah. Bisa dibilang gampang adalah ketika objek dan elemen-elemen objek utama memang bagus dari segi warna dan pencahayaan.

Nah, susahnya ketika kamu harus mengambil foto di mana objeknya sedang bergerak atau diam-diam kamu mengambil objek tersebut. Ya ini tergantung bagaimana kreativitas dan jiwa seni yang ada dalam diri kamu.

4. Pakailah Mode HDR (high dynamic range)
Fitur HDR sudah hadir di hampir semua ponsel saat ini, kalo kamera di ponsel kamu sudah ada fitur ini maka kamu bisa memanfaatkannya. Apalagi untuk memotret objek diam, atau misal kamu sedang foto rame-rame bareng keluarga sedang berlibur, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghasilkan gambar yang lebih detail.

Menurut fotografer profesional, fitur HDR bisa berguna kalo kamu yang mau memotret sesuatu dengan kontras yang tinggi, fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil foto yang terang dan tajam.

HDR adalah pilihan yang tepat ketika objek memiliki pencahayaan terang dari belakang dan kamu ingin melihat latar depan, tapi akan jelek ketika kamu ada di tempat yang gelap, atau kamu mengambil objek yang bergerak. Foto dengan memanfaatkan fitur HDR ini biasanya akan memakan memori lebih besar, karena ukurannya yang lebih besar ketimbang tanpa menggunakan HDR.

5. Jangan pakai lampu kilatan
Hindari pemakaian lampu kilatan sebisa mungkin. Pemakaian lampu kilatan dapat mengacaukan warna-warna foto. Secara jujur dapat diakui bahwa lampu kilatan pada kamera telepon memiliki kualitas yang jelek.

6. Hindari untuk menggunakan filter
Kebanyakan kamera pada telepon saat ini sudah menyematkan fitur filter. Tapi lebih baik kamu tidak menggunakan fitur ini saat memotret . Kalo kamu punya foto asli, kamu akan bisa memiliki banyak variasi foto untuk di filter.

4. Cari sudut simetris
Foto-foto simetris terlihat sangat indah dipandang mata. membuat orang-orang yang menyaksikannya penasaran apakah foto-foto tersebut buatan manusia atau memang indah alami. Yang lebih mudahnya Kamu juga bisa mengaktifkan saran pemotretan di ponsel kamu untuk mendapatkan panduan pada layar untuk membantu Anda mendapatkan foto bagus. Atau kamu juga bisa cari referensi di sini stok gambar

Nah, ukuran ponsel yang kecil, dengan bobot yang enteng dan gampang dibawa akan mempermudah kamu dalam menyusun komposisi dan mencari sudut yang unik karena kamu enggak akan kesusahan ketika sedang menggunakannya. Anda dapat memotret danau, kolam, daerah yang berair, jendela bahkan hanya kacamata namun terlihat sangat unik. Orang-orang yang melihatnya menjadi tertarik karena pola yang berulang atau lebih rinci yang rumit di atas meja kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengambil gambar dengan kamera ponsel

Kenangan yang tercipta saat berlibur bersama keluarga akan menempel untuk waktu yang sangat lama dan tidak tergantikan. Kita mungkin selama ...