Unggulan

Manfaat Madu

Madu memiliki segudang nutrisi, manfaat madu sudah tidak diragukan lagi dan banyak disukai orang-orang. Rasa manis pada madu kerap menjadi pelengkap makanan dan minuman. Berasal dari sumber alami, madu juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan

Manfaat meminum madu sebelum tidur akan membuat tidur semakin nyenyak. Kandungan insulin dalam madu murni bisa meningkatkan kualitas tidur. Untuk Anda yang merasa kesulitan tidur atau insomnia, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi madu murni sebelum tidur.

Madu juga dipercaya mampu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Nutrisi dan vitamin dalam madu baik untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, tubuh akan menjadi fit dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu juga merupakan prebiotik, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat madu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Benar juga dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah ketika bersabda:

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur'an dan madu." (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas'ud).

Khasiat madu menurut Islam juga tertuang dalam firman Allah SWT:

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir." (QS. An-Nahl: 68-69).

Komentar

Postingan Populer