Kesehatan menurut ajaran Islam

Seperti yang kita lihat, dalam perkembangan hidup manusia, mereka selalu berusaha untuk mencari ilmu untuk hidup sehat, dan kalau ditimpa penyakit maka mereka berusaha untuk mengobatinya. Kesehatan adalah suatu keadaan yang sangat penting bagi manusia. Setiap manusia sangat mendambakan kesehatan, mulai dari anak baru lahir sampai yang sudah berusia tua, kesehatan selalu kita butuh kan.

Kesehatan dalam ajaran Islam selalu menekankan agar setiap orang memakan makanan yang baik dan halal sebagaimana Firman Allah yang artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Al-Baqarah . Ayat 168).

www.yogi.my.id

Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi meliputi seluruh aspek kebutuhan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial, dan spiritual. "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka" (Al-Baqarah . Ayat 201).

Yang dimaksud dengan sehat di sini adalah sehat yang meliputi empat hal, yaitu:

  1. Sehat dalam bidang ilmu, artinya manusia tersebut mempunyai ilmu dan terhindar dari kebodohan.
  2. Sehat dalam bidang ekonomi, artinya manusia tersebut mempunyai ekonomi yang cukup untuk hidup sehingga terhindar dari kemiskinan.
  3. Sehat atau bebas dari penyakit-penyakit, baik penyakit jasmaniah maupun penyakit rohaniah.
  4. Sehat dalam bidang-bidang lainnya seperti mempunyai istri dan anak-anak yang shaleh, hubungan dengan relasi yang baik dan lancar, dll.

Dalam Islam dikatakan sehat apabila memenuhi tiga unsur , yaitu kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan kesehatan sosial. Kesehatan jasmani merupakan bentuk dari keseimbangan manusia dengan alam. Kesehatan rohani di mana ada keseimbangan dan hubungan yang baik secara spiritual antara khalik atau pencipta yang diwujudkan dari aktivitas makhluk dalam memenuhi semua perintah sang khalik. Yang terakhir adalah kesehatan sosial, dimana kesehatan yang bersifat psikologis. Di mana ada ada keharmonisan antara sebuah individu dengan individu lain maupun dengan sistem yang berlaku pada sebuah tatanan masyarakat.

Ilmu Kedokteran mulai didapat oleh sarjana-sarjana Islam seperti Ibnu Sina dan lain-lain, yang terus berkembang sampai sekarang ini. Hanya saja mulai abad 16, penemuan-penemuan Ilmu Kedokteran tersebut beralih ke tangan sarjana-sarjana Barat.

Namun Islam yang merupakan Dinullah juga berisi pokok-pokok Kedokteran. Pencegahan/Ilmu Kesehatan yang sumbernya adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bahkan pencegahan penyakit yang ditunjukan oleh Al-Qur’an itu jauh lebih luas, lengkap dan sempurna karena kesehatan yang dianjurkan meliputi pencegahan penyakit manusia di dunia dan juga di akhirat nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara install printer Canon iP 2770 di window 10

Dalam satu genggaman dengan kasir toko portable

Kini google domain beta hadir di Indonesia