Pentingnya Branding Bagi Sebuah Produk




Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Pentingnya Branding Bagi Sebuah Produk – Jika kita definisikan, branding adalah sebuah praktik pemasaran dimana perusahaan ingin menciptakan nama, simbol atau desain yang mudah diingat atau diidentifikasi sebagai salah satu milik dari perusahaan. Tentu saja hal ini membantu mengindentifikasi suatu produk dan membedakannya dari produk atau layanan lain yang semisalnya. Disamping itu “Branding” penting karena tidak hanya memberi kesan yang mengesankan pada konsumen dan klien, para pihak yang menjadi konsumen dan klien pun akan lebih mengenal dan mengetahui apa visi dan misi dari sebuah perusahaan. Inilah cara yang membedakan diri anda dengan para kompetitor, dan dengan melakukan branding produk, peluang anda untuk menjadi pilihan yang terbaik akan menjadi lebih besar.

Ada banyak sekali bidang yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan suatu merek, mulai dari iklan, layanan pelanggan, barang dagangan promosi, hingga penggunaan logo. Semua elemen ini akan akan saling mendukung dalam menciptakan sebuah profil yang bersifat profesional, unik dan tentunya menarik perhatian. Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas mengenai “pentingnya branding bagi sebuah produk”. Namun, sebelum kita sampai pada inti pembahasan, seperti biasa, jangan lupa share artikel ini ke sesama teman bisnis anda. Agar mereka juga mengetahui apa sih manfaat dari branding sebuah produk. 

Baiklah, langsung saja kita simak bersama penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini :

Pentingnya Branding Bagi Sebuah Produk



1.Sebagai Identitas Produk Atau Layanan Yang Anda Hadirkan

Salah satu alasan terpenting mengapa branding penting bagi bisnis adalah mendapatkan identitas ditengah tengah para konsumen. Dan dari identitas ini pula, kita akan mendapatkan pengakuan dan image baik ditengah tengah masyarakat, khususnya para konsumen. Dan salah satu tehnik branding yang baik adalah dengan menggunakan sebuah logo. Dan ini penting karena logo akan menjadi wajah dari perusahaan anda. Itulah sebabnya mengapa desain logo profesional harus memiliki karakter yang kuat dan mudah untuk diingat. Karena logo inilah yang akan menjadi kesan pertama dimata konsumen atau pun klien dari perusahaan yang kita miliki.

2. Membangun Kepercayaan

Ketika sebuah perusahaan menampilkan diri mereka secara profesional, dan ketika ada bukti sosial bahwa produk dan layanan mereka berkualitas, hal itu secara otomatis akan membangun kepercayaan konsumen pada sebuah perusahaan. Dan tentunya, hal ini akan memberikan prospek yang baik kedepannya bagi masa depan perusahaan.

3. Branding Meningkatkan Status Produk 

Mungkin logo yang kita miliki bukanlah yang terbaik dibandingkan logo perusahaan lainnya. Namun kita tetap harus mengupayakan diri agar mampu menghasilkan sebuah logo yang memiliki kesan dan bersifat profesional. Sebab, logo yang dirancang secara profesional akan lebih mengesankan, juga mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada para konsumen saat melihat logo tersebut. 

4. Branding Akan Memudahkan Kita Menjaring Konsumen Baru

Branding yang baik tidak akan mengalami kesulitan yang berarti saat mulai menjalankan sebuah bisnis. Sebab pada umumnya, branding yang kuat akan mudah memberi kesan positif dimata para konsumen produk atau pun ditengah tengah klien perusahaan. Dan ketika anda berhasil memberi kepuasan produk atau layanan kepada para konsumen dan klien, mereka akan cenderung bertahan dan setia dengan produk atau perusahaan anda karena asumsi ketergantungan “brand” yang telah terbukti memberikan kualitas dan pelayanan terbaik. Dan apabila sebuah brand telah mencapai dalam taraf yang mapan, pembicaraan dari mulut ke mulut akan menjadi tehnik promosi terbaik dan paling efektif bagi perusahan dalam menjaring konsumen baru.

5. Peluang Menetapkan Harga Lebih Tinggi

“Harga mampu berbicara” begitulah kira kira pepatah yang sering kita dengar saat berbicara sebuah produk atau jasa. Saat kita berhasil melakukan proses branding dengan baik, kita akan lebih mudah menetapkan harga sebuah produk sesuai dengan nilai yang kita inginkan. Dan hal ini telah terbukti secara langsung didunia marketing. Dimana kita sering melihat seseorang rela membayar dengan harga yang lebih karena merasa yakin brand yang dia pilih memiliki keunggulan yang jauh lebih baik daripada brand lain dengan produk yang sama.

6. Meningkatkan Kebanggaan Dan Kepuasan Karyawan

Ketika seorang karyawan bekerja untuk perusahaan dengan merk yang terkenal, kita akan mendapati bahwa mereka merasa lebih bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Dan bekerja untuk sebuah merek yang memiliki reputasi ditengah tengah masyarakat, ditambah dengan kantor yang bergengsi akan membuat seseorang tersebut merasa lebih bangga dan puas dalam menjalani pekerjaannya sehari hari.

7. Branding Memotivasi Orang Lain Untuk Membeli

Melakukan branding dengan cara yang tepat sangat efektif memotivasi orang orang untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Hal ini bisa kita lihat saat anda memiliki sebuah merek, anda akan terlihat penting dan sangat profesional. Dan seperti sudah menjadi stereotip masyarakat, saat mereka menemukan sebuah merek, mereka seperti mendapatkan sebuah produk yang telah dikembangkan dan didesain dengan sangat baik. Berbeda dengan sebuah produk yang tidak memiliki merek, masyarakat akan cenderung kurang yakin akan kualitas produk atau layanan jasa tersebut.

Orang orang didaerah barat telah diajari, bahwa brand atau merek dapat diandalkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dan perusahaan pemasaran di masa lalu telah membantu menciptakan budaya branding ini dan bertahan hingga sekarang. Oleh karenanya, jika anda mempunyai sebuah produk untuk ditawarkan, pastikan anda membuat merek terlebih dahulu sebelum memasarkan produk yang anda miliki ketengah tengah masyarakat.

8. Branding Menciptakan Koneksi Emosional Dengan Pembeli


Branding produk adalah tehnik terbaik bisnis dalam hal marketing dan menciptakan hubungan emosional dengan para pembeli. Karena tidak sedikit orang yang membeli sebuah produk berawal dari keyakinannya terhadap sebuah merek. Terlebih lagi di era digital saat ini, memiliki merek produk adalah sebuah keharusan, agar dapat membantu anda terhubung dengan basis pelanggan anda.

Dan perlu diperhatikan, buatlah merek yang unik dan kreatif. Sebab tanpa kedua hal tersebut, akan sulit bagi anda menonjol ditengah banyaknya merek produk yang ada dipasaran saat ini. Jika memungkinkan, anda bisa mencari tenaga profesional untuk menciptakan merek dari produk yang anda miliki.

9. Branding Akan Memberikan Keunggulan Pada Produk Anda

Dengan tingkat persaingan yang begitu tinggi, mempromosikan produk bisa menjadi sangat sulit, apalagi mereka yang tidak memahami tehnik marketing dengan baik. Ada begitu banyak produk yang berbeda dipasaran, dan mungkin beberapa diantaranya memiliki kesamaan yang sangat mirip dengan produk yang anda miliki. Bersyukurlah anda yang mengenal mengenai apa itu branding. Karena tanpa branding, perjuangan anda untuk menonjol diantara banyak produk yang telah ada dipasaran tentu akan semakin sulit.

9 poin diatas hanya sedikit dari banyaknya poin, mengenai pentingnya branding bagi sebuah produk. Dan perlu anda ingat, dalam melakukan proses branding hendaknya anda membuat sesuatu yang menarik dan informatif. Agar apa yang anda tawarkan mampu menarik perhatian pembeli dan menciptakan image yang baik bagi merek, produk dan perusahaan. Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

2 Responses to "Pentingnya Branding Bagi Sebuah Produk"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DomaiNesia