Kamis, 26 Juli 2018

Untuk apa sih HTTP, HTTPS? dan Apa manfaatnya?



Assalmu'alaikum Wr. Wb
Saya rasa kalian yang sudah sering berselancar di dunia internet, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya HTTP ataupun HTTPS, Munkin di benak kalian ada yang bertanya. Untuk apa sih HTTP, HTTPS? dan Apa manfaatnya?

Di kesempatan ke sekian kali ini, Blog ini akan membahas tentang HTTP, HTTPS dan Kegunaanya, Manfaatnya. Hal ini saya tujukan untuk kalian yang munkin masih bingung tentang HTTP dan HTTPS. harapan saya setelah membaca postingan saya kali ini. Kalian bisa mengerti dan paham tentang HTTP dan HTTPS.

HTTP dan HTTPS memang hampir mirip penulisannya, munkin bagi yang hanya maksud-maksud saja tahu bahwa HTTP dan HTTPS biasa di gunakan hampir sama di setiap awalan URL, dan munkin juga ada yang menganggap HTTP dan HTTPS itu sama, hanya beda antara di kasih huruf 'S' di belakang atau tidak di kasih.

HTTP dan HTTPS sebenarnya bukanlah sesuatu yang sama, Ia pun memiliki perbedaan.
HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu sebuah protocol yang memiliki tugas untuk melakukan komunikasi antara Client dan Server. Client yang di maksud adalah sebuah perangkat yang dapat menampilkan konten WEB seperti Browser.

HTTP adalah sebuah protocol yang memiliki kekurangan, kekurangan HTTP adalah ketika mengirim data dari server ke client (Browser) tidak di enkripsi, sehingga memungkinkan ada kebocoran data yang di kirim dari Server ke Client. Jika yang anda lakukan adalah sebuah transaksi online yang kaitannya dengan uang, maka data anda bisa di curi oleh orang lain. hal inilah yang menjadikan protocol HTTP tidaklah aman.

nah yang menjadi perbedaan antara HTTP dan HTTPS dalah terletak di huruf Akhirnya yang berarti singkatan Secure, HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure, yang artinya Aman.

Jadi semua data yang melewati protocol HTTPS akan aman karena data yang di kirim di enskripsi oleh Sertifikat SSL. yang bisa melihat Deskripsi dari data tersebut hanyalah server dan client tujuan.
HTTPS membuat pengiriman data jauh lebih aman ketimbang HTTP, itulah kenapa situs web sekarang hampir semua menggunakan HTTPS, pastinya alasan ini sudah bisa anda jawab sendiri.
Itulah mengapa pentingnya situs blog wordpress anda harus menggunakan SSL, supaya lebih aman dan terlihat profesional.

Untuk bisa memasang SSL anda cukup memasangnya melalui CPanel hosting anda, di lain kesempatan saya akan membahas cara memasang SSL melalui CPanel bagi anda yang ingin memasang untuk Blog atau Website anda.

Perlu di ketahui, SSL memiliki dua versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Semakin mahal harga SSL makan akan semakin baik pula pengamanan data yang di enkripsi.
Itulah sedikit info tentang HTTP dan HTTPS, ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Apa Komentarmu