Sabtu, 17 Maret 2018

Menjajal Aplikasi Web Sistem Informasi Desa OpenSID

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Akhir-akhir ini setelah mendekati Ujian Nasional Berstandar Nasional (UNBK) membuat saya bingung, dan memebuat saya harus memutar otak, Setelah UNBK, itu tandanya saya selesai saya dari sekolah SMK saya, dan saya harus menemukan pelabuhan baru setelahnya. dan saya putuskan untuk membuat usaha sendiri di rumah.

hal ini saya lakukan karena sudah prinsip saya, saya tidak ingin merantau jauh ke luar tanah kelahiran, dan lagian saya tidak ingin membarter waktu saya dengan uang. dari situlah timbul saya ingin membuka usaha sendiri.

Usaha saya sendiri tidak jauh dari ketrampilan yang saya bisa, yait tentang dunia internet. saya membuka sebuah jasa pembuatan web, web apa saja, bagi kalian yang ingin pesan web atau blog pribadi juga bisa ke saya. silahkan langsung ke halaman kontak saja, loh kok malah promosi nih yogi?

hehe... dari salah satu jenis website itu saya tertarik dengan CMS yang memang di khususkan untuk pengembangan Sitem Informasi Desa (SID). nah saya menemukan hal itu ketika saya mencari info, apakah ada yang menggunakan domain desa.id? nah dari situlah saya searching google, dan Alkhamdulillah saya menemukan banyak sekali web-web yang menggunakan domain desa.id.

Saya mencari web-web yang menggunakan domain desa.id melalui keyword " site:desa.id " di kolom pencarian Google, dan Alkhamdulillah banyak sekali yang menggunakannya.



Dari sekian banyak hasil yang berikan google, saya memilih salah satunya. Ketika saya membuka web itu, saya baca-baca, sampai saya menemukan sebuah tulisan yang memiliki link di footer web yang bertuliskan " OpenSID pengembang dari CRI ". dari situ saya langsung klik linknya yang bertuliskan OpenSID.


Dari link itu saya di bawa ke halaman Github yang ternyata halaman itu adalah halam dari salah satu pengembang SID.

Setelah saya masuk ke halaman itu saya langsung membaca berbagai info OpenSID dan saya langsung mendownload CMS yang di tawarkan oleh halaman Github itu, yaitu OpenSID.

Dari situlah saya mempelajari sedikit demi sedikit. petama saya nginstal di web server Localhost, sedikit mengalami kendala pada data MySQL yang di berikan dari pengembang SID. namun entah kenapa setelah beberapa hari saya tinggal saya coba gunakan lagi data itu, tiba-tiba langsung jadi tanpa ada error. padahal data yang saya pakai adalah data MySQL OpenSID yang sebelumnya.

Karena saya penasaran, saya langsung Upload CMS ini ke Server online saya yang ada di jakarta. dan ketika saya Instal ternyata kendalanya sama seperti saat saya Instal di server localhost. namun setelah saya tinggal beberapa hari, data itu kembali normal ketika saya gunakan. Saya sendiri bingung, tapi munkin itu sudah dari sananya, fikirku.

OpenSID yang saya gunakan adalah Versi 2.10, bisa di bilang itu adalah versi terbaru saat ini (17 Maret 2018). sejauh saya menggunakan CMS ini belum mengetahui fitur plus bug yang ada, saya sendiri belum terlalu dalam explore CMS ini, baru merubah bagian template saja.

Tujuan saya gunakan template ini adalah untuk membantu Desa di sekitar saya untuk bisa mengelola Informasi Secara Real-time Online. sehingga ada keterbukaan informasi kepada warganya. selain itu, saya juga ingin sedikit mengais rejeki dengan menjual jasa saya untuk Instal dan Belajar tentang CMS OpenSID ini.

OpenSID ini sendiri berlicensi Opensource di bawah GNU versi 3. untuk infonya silahkan kunjungi situs resmi licensi ini. ini adalah sedikit Posting pembuka saya tentang CMS OpenSID ini. Kedepan saya juga akan membahas OpenSID ini secara mendalam. Intinya saya juga ingin berbagi.

Sebagai anak bangsa, tentunya saya juga ingin memajukan Desa saya sendiri, dan desa di seluruh indonesia. dengan membagikan Pengalaman saya nanti Tentang OpenSID disini. Saya harap banyak orang yang bisa belajar disini.

Sekian semoga bermanafaat, ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah, dan jangan lupa bantu Share :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Apa Komentarmu