Langsung ke konten utama

5 Hal sebelum menjadi freelancer yang harus kamu ketahui

Bagi sebagian orang, menjadi pekerja lepas atau freelancer kelihatannya mengasyikkan. Selain tak punya kewajiban untuk datang ke kantor, Anda bisa mengatur waktu kerja sendiri tanpa perlu merasa terikat oleh ketatnya peraturan perusahaan. Sekalipun diperlukan untuk datang ke kantor atau menghadiri meeting, waktunya masih cukup fleksibel.


Tapi jangan salah, setiap pekerjaan pasti ada tantangannya. Nah, apa saja tantangan terbesar bekerja sebagai freelancer?
  • Disiplin - Salah besar jika Anda menganggap pekerjaan freelance ditujukan untuk orang-orang malas. Nyatanya, dibutuhkan jiwa pekerja keras dalam diri seorang freelancer. Bekerja tanpa pengawasan langsung memaksa Anda untuk disiplin dan sedikit keras pada diri sendiri. Jika tidak, pekerjaan akan sulit diselesaikan tepat waktu.
  • Menahan godaann - Terutama bagi freelancer yang bekerja di rumah, akses ke berbagai pilihan hiburan terbuka lebar untuk Anda. Mulai dari godaan untuk menonton TV, bermain game, atau meninggalkan rumah untuk pergi ke mal. Itu artinya, tak ada yang bisa menghalangi Anda selain diri Anda sendiri.
  • Merawat fasilitas pribadi - Salah satu konsekuensi menjadi seorang freelancer adalah harus bermodal fasilitas kerja pribadi, seperti komputer dan koneksi Internet. Karena merupakan milik pribadi, maka perawatannya juga menjadi tanggung jawab Anda. Kecualiii Anda cukup beruntung memiliki klien yang menyediakan fasilitas tersebut.
  • Mengatur keuangan - Pemasukan seorang freelancer tidak selalu pasti. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan. Meski demikian, Anda bisa menutupi hal ini dengan menjalani pekerjaan freelance sekaligus menjadi karyawan kantoran.
  • Persepsi masyarakat - Tidak semua orang paham mengenai pekerjaan freelance. Dalam lingkungan pertemanan Anda, menjadi freelancer mungkin sudah bukan hal baru. Tapi saat menghadapi orang-orang tertentu, misalnya anggota keluarga, Anda harus siap memberikan penjelasan bahwa freelancer tidak sama dengan pengangguran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara install printer Canon iP 2770 di window 10

Hampir beberapa bulan lamanya saya tidak menulis diblog yang satu ini dengan kegiatan yang begitu padat sebagai pekerja lepas salah satunya saya mengerjakan survai tentang internet dan kemanfaatan internet untuk masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa. setiba saya pulang lupa saya baru format window dan hari ini saya dipusingkan dengan printer saya yang tidak bisa di instal di window 10. ya ingin membagikan beberapa permasalahan saya dengan printer Canon iP 2770 Pernah mengalami masalah seperti ini, saat menginstall driver printer Canon iP2770 di Windows 8/10, dengan notif error seperti berikut! Kenapa tuh? Ternyata menginstall driver printer Canon iP2770 di Windows 8/10 tidak semudah dan lancar seperti di Windows XP dan 7. Masalah tersebut di atas pernah saya alami saat menginstall driver printer iP2770 di Windows 8, peringatan tersebut mengindikasikan bahwa driver yang di install sedang digunakan dan berjalan di Windows. Langsung saja kepokoknya, cara untuk mengatasi

Dalam satu genggaman dengan kasir toko portable

Tahu enggak teman Ketika anda mengelola sebuah toko yang cukup besar dan menjual barang-barang yang sangat beragam mungkin anda akan menyadari bahwa memilih software toko atau kasir toko itu sangat penting. ketika pelanggan datang untuk memesan kamu harus cari daftar harga belum lagi mencatata invoice pembelian kalo satu mungkin bisa kamu tanganin Coba kamu bayangkan jika pembeli lumayan banyak repot bukan belum lagi ada yang marah-marah. Dengan aplikasi kasir toko bukan hanya sekedar mencari daftar harga saja tapi bisa mengetahui kondisi persediaan atau Stock opname dan memudahkan dalam mendata barang-barang yang akan di jual. Selain untuk mengetahui laporan penjualan, aplikasi kasir toko juga dapat membantu toko untuk melakukan fungsi sistem pengendalian intern (SPI) dengan baik. Beberapa fungsi sistem pengendalian intern adalah untuk membandingkan persediaan stock dari bulan ke bulan, untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) pada laporan keuangan, dan mengetahui kebenara

Kini google domain beta hadir di Indonesia

Pagi yang cerah seperti bisa bersantai didepan laptop sambil menikmati secangkir teh angat buatan istri, dan seperti bisa juga setiap pagi saya selalu buka blog terutama blogger melihat lihat komentar atau sekedar share di Google+ dan Facebook atau twitter, tiba-tiba ada notifikasi saat buka blogger pertama kali dan anehnya pop up maaf tadi saya lupa screen shot, ternyata saya di tawari untuk membeli domain dari google. Ternyata Google Domains sudah hadir di indonesia. Saya sendiri belum lama mengenal Google Domains , meskipun google sudah memposting sebuah tulisan di buzz.blogger.com   domain khusus untuk blog anda lebih mudah  sejak Januari 2015. Google Domains ini memang baru dirilis pada awal tahun 2015 ini. Sampai tulisan ini diposting, Google Domains masing merupakan versi beta. Dan hari ini google domain yang hadir di indonesia masih beta. Adanya Google Domains memberikan alternatif baru bagi para blogger untuk custom domain dengan domain TLD. Bagi para blogger yang ingi